siskomdig (27-09-2021)



                                                                     Typing (report)
Word( Mail Merge)
Mail Merge merupakan file yang didalamnya memiliki isi atau teks yang sama hanya berbeda identitas seperti nama,alamat biasanya dibuat untuk undangan, sertifikat dll. 
Dibuat dengan cara menggunakan Excel untuk melampirkan data, lalu membuka Word bagian Start mail merge lalu pilih data identitas pada Excel lalu pilih insert merge field pilih data untuk ditempelkan di word sesuai identitas, seperti nama pada bagian nama, alamat pada bagian alamat, juara 1 2 3 untuk sertifikat.


Excel(tabel pnghasilan,if dan conditional formating)
Excel penghasilan kerja  diatas menggunakan rumus sebagai berikut 
Upah kerja(kotor) = jam kerja x 25000
Upah lembur = jam lembur x 30000
Total upah = upah kerja + upah lembur 
Pajak = Total upah * 5%
Total upah= Total upah - pajak 
untuk (x) menggunakan (*) 
untuk (+) menggunakan =Sum(...)
di ikuti perintah sesuai data diatas 

Untuk Fungsi if  digunakan untuk menghitung nominal/ angka dengan teks, dengan rumus 
=IF(i7>1500000;"penghasilan tinggi";IF(>=1300000;"penghasilan sedang";"penghasilan rendah")) 
yang berarti diatas 1500000 termasuk penghasilan tinggi 
antara 1500000-1300000 penghasilan sedang 
dibawah 1300000 penghasilan rendah 

Untuk warna pada penghasilan if menggunakan Text that contains lalu pilih nama teks dan warna nanti otomatis muncul warna sesuai yang diinginkan dengan memblok sel yang ingin diberi warna lalu muncul perintah untuk nama teks dan warna sesuai yang diinginkan.

untuk countif adalah cara penghitung dari semua data yang ada menggunakan rumus 
=COUNTIF(M7:M16;"penghasilan tinggi" 
begitu juga untuk penghasilan sedang dan penghasilan rendah dengan cara memblok sel 



Hlookup dan Vlookup, Vlookup untuk vertikal pada sel abcd kebawah dan Hlookup untuk horizontal nomor kesamping pada Excel. 
untuk rumus =Vlookup(dicari;tabel referensi;posisi;range)
contoh =Vlookup(H3;A2C5;2;TRUE)
H6 untuk sel data perintah, sel B3C3 di F4, lalu urutan data dan TRUE 
untuk Hlookup sama dengan Vlookup tinggal mengganti Vlookup ke Hlookup bedanya Vlookup kebawah dan Hlookup kesamping.
Untuk rumus hlookup 
=Hlookup(dicari;tabel referensi;posisi range)
dengan =Hlookup(G10;A9D11;2;TRUE) lalu di F4



 Nama : Putri Yulia Agustin

No 29 / X TKJ 1 

SISKOMDIG (27-9-2021) 

memposting typing ( report ), word ( mail.merge ), excel ( tabel penghasilan, if dan conditional formating)

bpk. Harris Miyahara

Komentar